Kolom Ramadan: Merayakan Lebaran

08 Mei 2021, 14:37:12 WIB Dunia Islam
Kolom Ramadan: Merayakan Lebaran

Tak lama lagi puasa usai, kita akan memasuki Idul fitri 1 Syawal atau lebaran, pada 13 Mei yang akan datang. Sudah dua kali ini kita merayakannya di tengah situasi pandemi Covid-19. Jika sebelumya kita merayakan dengan penuh kebahagiaan, mungkin saat ini sedikit diliputi keprihatinan.

Kita tak bisa leluasa berkumpul dengan keluarga, juga bertemu sanak saudara, misalnya, karena berbagai aturan dan pembatasan yang diberlakukan. Terlebih mereka yang tak berkesempatan mudik lebaran.

Maka, selain terus berikhtiar lahir batin agar tetap sehat dan musibah ini juga segera berakhir, ada baiknya kita luangkan waktu sejenak untuk menghayati kembali makna lebaran yang kita rayakan.

Baca Lainnya :

Arti Idul fitri

Perayaan ini telah menjadi tradisi penting yang "dinikmati" seluruh warga masyarakat. Tidak hanya umat Islam. Bahkan, Idul fitri telah menjadi "industri" ekonomi yang sangat menggiurkan dan menguntungkan selama ini. Berapa banyak kreatifitas usaha bisa tercipta karenanya, terutama bisnis pakaian dan aneka makanan. Lihat saja bagaimana ramainya pasar dan pusat perbelanjaan setiap kali mendekati Idul fitri.

Tradisi yang kemudian disebut lebaran itu juga menjadi fenomena budaya yang unik, apalagi untuk masyarakat Indonesia. Lebaran identik dengan luapan suka cita dan kegembiraan. Dulu, ketika masih belajar puasa hingga pada usia remaja, saya selalu menunggu momen kebahagiaan untuk merayakan lebaran. Tentu karena baju baru, juga berlimpahnya aneka hidangan makanan, yang selalu ditunggu. Yang pasti, karena sudah tak puasa lagi.

Lebaran memang ditandai dengan telah berakhirnya ibadah puasa. Terambil dari kata dasar "lebar" (bahasa Jawa) yang berarti telah selesai, ditambah akhiran "an" yang kemudian menjadi istilah populer untuk menyebut peristiwa penting, puncak dari bulan Ramadhan. Di sini, tak hanya kewajiban puasa itu yang telah tiada, bahkan memang diharamkan juga untuk melakukannya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.192.695
    Sembuh : 3.996.125
    Meninggal : 140.634
    Dirawat : 55.936

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc