Kisah Siswa Madrasah Sembilan Tahun Hafal 30 Juz Alquran

25 Jun 2021, 14:47:53 WIB Dunia Islam
Kisah Siswa Madrasah Sembilan Tahun Hafal 30 Juz Alquran

Menurutnya, pelajaran sekolah dan hafalan Alquran merupakan beban yang berat bagi siswa. Namun dengan kehidupan di pesantren yang terkontrol 24 jam, internalisasi ilmu dan karakter menjadi maksimal. Sekolah ini tidak ingin memproduksi orang pintar saja, tetapi harus disertai etika dan akhlak yang baik sesuai tuntunan Alquran.

"Tidak mudah menciptakan generasi Qurani yang juga memiliki kapabilitas akademik. Beban yang berat itu menuntut partisipasi penuh antara pihak sekolah, siswa, dan juga dukungan spiritual dari orang tua. Doa dan tirakat orang tua sangat membantu lancarnya hafalan anak-anak," ujarnya.

Kiai Saeun mengatakan, terkadang ada juga anak yang mogok hafalan. Bila ini terjadi pihak sekolah akan mengkomunikasikan dengan tiga pihak, yaitu pengasuh pesantren, ustaz, dan orang tua. Bila semuanya bertindak positif, biasanya ada solusi dan pembelajaran berjalan kembali.

"Kegiatan pembelajaran memiliki durasi cukup panjang, yaitu pukul lima pagi hingga jam delapan malam. Mulai subuh hingga pukul tujuh pagi anak-anak harus setoran hafalan hingga waktunya sekolah," jelasnya.

Kiai Saeun menceritakan, setelah selesai sekolah, kegiatan dilanjutkan lagi dengan tahfidz sampai selesai di malam hari. Di sela-selanya terdapat istirahat, mandi, makan, dan aktivitas lainnya. Program tahfiz harus sinergis dengan sekolah, karena anak-anak tidak boleh dibebani pekerjaan rumah atau pekerjaan lain yang dibawa pulang.

Saat ini dari 307 siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Tahfidzul Quran TBS, 30 di antaranya telah hafal 30 Juz. Sisanya, sekitar 70 persen dari mereka sudah mencapai hafalan lebih dari 20 Juz. "Ini semua menjadi tanggung jawab semua pendidik,” kata Kiai Saeun. [sb]


<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.208.013
    Sembuh : 4.023.777
    Meninggal : 141.467
    Dirawat : 42.769

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc