Kereta Cepat Sejatinya Subtitusi Pesawat, Proyek KCJB Tidak Visible

16 Okt 2021, 08:08:29 WIB Politik
Kereta Cepat Sejatinya Subtitusi Pesawat, Proyek KCJB Tidak Visible

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah salah langkah sejak awal. Karena ada pihak yang berani mengatakan tidak berdasarkan kajian ilmiah, lantaran ada rekayasa dalam proses pembangunannya.

Atas dasar itu, Ekonom Indef, Faisal Basri mengatakan, kunci dari sebuah proyek pembangunan harus didasarkan pendekatan scientific.

"Pendekatan scientific menunjukkan bahwa kereta cepat ini tidak visible, kita bukan antikereta cepat. Tidak visible karena apa? Karena umumnya kereta cepat itu adalah subsitusi dari pesawat. Jadi, kuncinya adalah jarak tempuh, dan itu tercapai, sekadar dari jarak tempuh Jakarta-Halim-Tegal Luar itu kira-kira 35 menit jadi inget yang harus kita hitung adalah jarak dari poin ke poin,” urai Faisal dalam acara diskusi virtual Indonesia Leaders Talk bertemakan "Plin Plan Janji Pemimpin" yang digagas PKS TV, Jumat (15/10).

Baca Lainnya :

Ia kemudian menjelaskan mulai dari karakteristik kereta cepat yang saat ini menggunakan generasi teknologi terbaru dengan kecepatan maksimum 350 km per jam, dengan rentang jarak antara Jakarta-Bandung 143,2km. Menurutnya, ini adalah proyek kereta cepat terpendek di dunia.

"Rata-rata dunia itu 500 km. Ada 5 stasiun pemberhentian. Kereta kalau kecepatan 350 (km per jam) kalau banyak berhenti dia itu harus memperlambat dulu mendekati stasiun dan untuk akselerasinya. Jadi, semakin banyak stasiun semakin lama,” katanya.

Jika melihat karakteristik kereta cepat dari segi kemanfaatannya, kata Faisal, persis seperti pesawat. Namun kereta cepat memiliki keunggulan lantaran lebih mudah diakses, cepat, dan terjangkau oleh masyarakat.

Akan tetapi, kereta cepat ini harusnya dibangun di pusat kota. Jika dibangun di dekat bandara kurang efisien.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.309.270
    Sembuh : 4.129.305
    Meninggal : 144.261
    Dirawat : 35.704

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com