Kemenag Sebut Ramadhan Momentum Tepat Kampanyekan Gerakan Wakaf Uang

22 Mar 2021, 10:11:55 WIB Ekonomi
Kemenag Sebut Ramadhan Momentum Tepat Kampanyekan Gerakan Wakaf Uang

Bulan Puasa/Ramadhan 1442 Hijriyah menjadi momentum tepat untuk mengkampanyekan gerakan wakaf uang, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas) Kementerian Agama sebut masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar mengatakan bahwa masyarakat saat ini lebih mengenal wakaf untuk benda tak bergerak seperti tanah atau bangunan.

Faktanya, uang bisa dijadikan alat untuk berwakaf mengiringi zakat. Oleh sebab itu, ia berpendapat bahwa dengan meningkatnya perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) setiap bulan puasa harus dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait wakaf uang.

Baca Lainnya :

“Bulan Suci Ramadhan ini biasanya perolehan dana zakat, infak, dan sedekah itu meningkat. Maka, wakaf uang juga harus kita sosialisasikan kembali kepada masyarakat,” kata Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar, Minggu, 21 Maret 2021.

M. Fuad Nasar menilai, saat ini, pengetahuan masyarakat terhadap wakaf uang belum setara dengan pengetahuannya terhadap zakat. Maka dari itu, diperlukannya kolaborasi dengan berbagai pihak guna memperkenalkan wakaf uang secara mendalam.

Menurutnya wakaf uang bersifat tidak wajib, tetapi kontribusinya cukup besar bagi peradaban Islam pada berbagai bidang seperti dakwah, pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

“Keberhasilan pengelolaan wakaf hingga mampu berdampak bagi pembangunan sangat terkait erat dengan dukungan pemerintah, baik dari sisi regulasi, anggaran, hingga pembinaan,” katanya M. Fuad Nasar, yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.739.750
    Sembuh : 1.600.857
    Meninggal : 48.093
    Dirawat : 90.800

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok