Kata Kunci Pidato Kenegaraan Jokowi: Eling Lan Waspodo

17 Agu 2022, 13:27:08 WIBMetropolitan
Kata Kunci Pidato Kenegaraan Jokowi: Eling Lan Waspodo

Negara, krisis, dan ekonomi menjadi kata-kata yang paling sering muncul dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun ini. Kata-kata tersebut menggantikan 'pandemi' dan 'kesehatan' yang mendominasi pidato pada dua tahun sebelumnya.

Kata, krisis dan ekonomi menjadi paling dominan mencerminkan bagaimana dinamika perekonomian global saat ini. Setidaknya, ada lima krisis yang disebutkan Jokowi yakni krisis kesehatan, krisis energi, krisis pangan, krisis global, dan krisis keuangan.

Kata 'krisis' lebih kerap memiliki konotasi negatif dan sering didekatkan pada kata 'hati-hati', 'menghantui dunia', dan 'waspada' yang menggambarkan keinginan Jokowi agar semua kalangan tidak menganggap krisis dengan enteng karena sudah menimbulkan dampak yang besar.

Baca Lainnya :

"Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," tutur Jokowi dalam Pidato Kenegaraan, seperti dikutip Rabu (17/8/2022).

Jokowi kemudian mengingatkan bahwa sebanyak 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

"Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan," kata Jokowi.

Jokowi lantas menggunakan istilah 'Eling Lan Waspodo' yang artinya tetap ingat dan waspada. Jokowi meminta jajarannya untuk selalu cermat dalam bertindak.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook