Kasus Siswi Dipaksa Berjilbab di Bantul Diduga Demi Akreditasi

05 Agu 2022, 14:36:12 WIBMetropolitan
Kasus Siswi Dipaksa Berjilbab di Bantul Diduga Demi Akreditasi

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY menduga kasus dugaan siswi kelas X yang dipaksa berjilbab di SMAN 1 Banguntapan Bantul terkait dengan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020 terbitan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Ketua ORI DIY Budhi Masturi mengatakan pada IASP 2020 tercantum indikator salah satunya tentang perilaku religius siswa dalam aktivitas di sekolah/madrasah pada bagian Mutu Lulusan. Level atau poin tertinggi diraih apabila 'siswa menunjukkan perilaku religius yang membudaya sesuai ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah/madrasah'.

"Jadi religius ini kan harus tampak, religiusitas itu kan tampak. Bisa dilihat, bisa diperhatikan," kata Budhi di kantornya, Sleman, Jumat (6/8).

Baca Lainnya :

ORI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang turut menaruh atensi terhadap persoalan jilbab ini, sepakat indikator ini sangat mungkin dimaknai secara berbeda oleh sekolah di daerah, termasuk SMAN 1 Banguntapan.

"Kalau pakaian (indikator seragam siswi muslim) enggak ada, tapi bisa diterjemahkan ke sana oleh siapa pun yang baca ini," ucap Budhi.

Adapun bunyi indikator berikutnya sesuai urutan level atau poin dari tertinggi ke terendah: siswa menunjukkan perilaku religius sesuai ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah/madrasah; siswa belum konsisten menunjukkan perilaku religius sesuai ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah/madrasah; dan siswa berperilaku religius karena mematuhi tata tertib sekolah/madrasah.

"Jadi, kalau kemudian tuntutan akreditasinya seperti ini otomatis anak-anak yang tidak sejalan ini yang enggak pakai identitas keagamaan, enggak mau shalat Jumat kemudian dianggap tidak mendukung proses akreditasi ini, menghambat mendapat nilai tinggi," lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook