Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi

06 Agu 2022, 08:50:56 WIBKriminal
Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Susilo Bambang Yudhoyono, Roy Suryo ditahan Polda Metro Jaya terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang dibuat mirip dengan Presiden RI Joko Widodo.

Kasus yang menjerat Roy ini bermula saat dia mengunggah foto stupa candi Borobudur dengan wajah mirip Jokowi di akun Twitternya @KMRTRoySuryo2.

Banyak pihak tidak terima. Mereka menuding apa yang dilakukan Roy sebagai penistaan terhadap agama Buddha.

Baca Lainnya :

Menanggapi kritik warganet, Roy Suryo melaporkan tudingan-tudingan di media sosial terhadapnya lebih dulu ke polisi. Saat itu, ada tiga akun yang dilaporkannya.

Namun selang beberapa hari, seorang warga juga melaporkan Roy atas foto tersebut. Pelapor menggunakan Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP. Roy dilaporkan terkait dugaan penistaan agama Buddha.

Bukan cuma di Polda Metro Jaya, laporan juga dilayangkan ke Bareskrim Polri oleh organisasi umat Buddha, Dharmapala Nusantara. Roy dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA.

Roy dilaporkan atas dugaan pelanggaran di Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 156a KUHP. Roy dilaporkan terkait dugaan penistaan agama Buddha.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook