Kasus Dugaan Suap Jaksa Pinangki Masuk Tahap 1

02 Sep 2020, 00:41:33 WIB Hukum
Kasus Dugaan Suap Jaksa Pinangki Masuk Tahap 1

Kejaksaan Agung RI (Kejagung) menaikkan  ke tahap 1 dugaan suap yang diterima Jaksa Pinangki Sirna Malasari oleh Djoko Tjandra ke tahap 1. Hal ini ditetapkan setelah penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) melakukan diskusi bersama Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Tapi intinya masih diskusi pembahasan antara jaksa penyidik dengan teman-teman penuntut umum lah. (Diskusi) tentang perkaranya. Kan sudah tahap 1 ini," kata Direktur Penyidikan Jampidsus Febrie Ardiansyah di Gedung Bundar Jampidsus, Selasa (1/9/2020).

Meskipun perkara telah naik ke tahap 1, Febrie mengungkapkan belum ada pelimpahan berkas perkara ke JPU. Lantaran, penyidik masih melakukan pendalaman kasus melalui keterangan para saksi.

"Belum (dilimpahkan). Masih ada diskusi pendalaman lah," ujarnya.

Teranyar, Kejagung menyebutkan Pinangki hanya berperan mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) untuk Djoko Tjandra. Alat bukti yang sebelumnya sudah disita, yaitu USD 500 ribu, merupakan jumlah uang yang diduga untuk pengurusan fatwa MA itu meski pada akhirnya tidak berhasil dilakukan

Selain itu, Jaksa Pinangki Sirna Malasari ternyata sudah dijerat dengan pasal pencucian uang. Dari sangkaan baru itulah penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung) menyita mobil BMW Pinangki.

"Ada 4 tempat yang dilakukan penggeledahan ini terkait dengan sangkaan TPPU (tindak pidana pencucian uang) terhadap jaksa Pinangki dan telah diperoleh 1 buah BMW dan ini akan terus dikembangkan," ujar Febrie. [SB]




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 516.753
    Sembuh : 433.649
    Meninggal : 16.352
    Dirawat : 66.752

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia