Kala Calon Pilkada Turut Jualan Program Kartu Seperti Jokowi

30 Sep 2020, 05:20:06 WIB Politik
Kala Calon Pilkada Turut Jualan Program Kartu Seperti Jokowi

Sejumlah pasangan calon Pilkada 2020 menjanjikan program bantuan berbasis kartu. Program seperti ini menjadi ciri khas Joko Widodo kala mengikuti kontestasi pemilu.

Di Kota Medan, paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi menawarkan Kartu Buruh Sejahtera (KBS). Pasangan yang diusung Demokrat dan PKS itu menjamin pangan murah bagi kaum pekerja dengan kartu tersebut.

Program KBS Akhyar-Salman juga bisa digunakan untuk memanfaatkan fasilitas Rumah Perlindungan Perempuan Pekerja Industri. Program itu memberikan perlindungan kesehatan bagi pekerja informal yang dimudahkan dalam membayar premi BPJS Kesehatan.

Baca Lainnya :

Program serupa juga ditawarkan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Barat (Jabar). Mereka menitipkan Kartu Peduli Umat Melayani Rakyat (PUMR) pada tujuh paslon yang mereka usung.

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda bilang kartu ini sebagai jaminan kesejahteraan bagi masyarakat Jabar. Masyarakat bisa menuntut janji politik para kepala daerah setelah terpilih.

"Jadi melalui Kartu PUMR ini, pengangguran, pedagang kecil, nelayan, guru ngaji, dan lainnya jangan sampai terjebak politik praktis, jangan terjebak politik transaksional," ujar Huda seperti dikutip Antara, Selasa (29/9).

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai tren "menjual kartu" ini tak terlepas dari keberhasilan Joko Widodo dengan sejumlah program bantuan berbasis kartu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 385.980
    Sembuh : 309.219
    Meninggal : 13.205
    Dirawat : 63.556

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV