Jokowi Tak Mau Mental RI Terjajah: Ketemu Bule Kayak Ketemu Siapa, Sedih Kita

11 Nov 2021, 14:18:26 WIB Metropolitan
Jokowi Tak Mau Mental RI Terjajah: Ketemu Bule Kayak Ketemu Siapa, Sedih Kita

Presiden Jokowi menyatakan rasa bangganya Indonesia bisa menjadi tuan rumah KTT G20 pada 2022. Ia berharap kesempatan ini dapat menyetarakan kedudukan Indonesia dengan negara-negara maju.

Karena itu, Jokowi mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan meminta masyarakat ikut bangga dan merasa terhormat. Jangan sampai seiring diakuinya Indonesia di mata dunia, masih ada mental terjajah yang tersisa di tengah bangsa.

“Saya tidak ingin mental inferior, mental inlander, mental terjajah ini masih ada yang bercokol di dalam mentalitas bangsa kita. Ketemu bule saja kayak ketemu siapa gitu. Sedih kita. Kita kadang-kadang terlalu mendongak kayak gini. Wong sama-sama makan nasi juga,” kata Jokowi di peringatan HUT Partai NasDem ke-10 bertajuk 'Satu Dekade di Jalan Restorasi' di di Kampus ABN, Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Baca Lainnya :

Jokowi mengakui mental terjajah bisa jadi merupakan dampak sejarah negara. Tetapi ia mengingatkan, Indonesia telah 76 tahun merdeka sehingga tak ada alasan untuk merasa kecil dibandingkan bangsa asing.

“Memang kita juga sadar bahwa kita telah 350 tahun dijajah, bangsa kita ini, sehingga kadang-kadang saya berpikir apakah terjajah terlalu panjang ini memunculkan sebuah DNA yang tadi saya sampaikan. [Tapi] jangan seperti itu,” ujar dia.

“Kita sudah 76 tahun merdeka dan merdekanya pun lewat sebuah perjuangan yang panjang, bukan diberi. Tapi DNA itu yang masih terus menjadi kepikiran saya. Jangan-jangan kita memiliki mental inlander, mental terjajah, mental inferior gara-gara DNA yang diturunkan karena 350 tahun kita terjajah,” guraunya.

Jokowi meminta masyarakat Indonesia untuk lebih optimistis dan percaya diri. Ia berpesan jangan sampai perjuangan kemerdekaan sia-sia karena masih ada mental terjajah yang tertinggal.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.257.489
    Sembuh : 4.105.994
    Meninggal : 143.863
    Dirawat : 7.632

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com