Jokowi: Sikap Tertutup Beragama Picu Intoleransi

07 Apr 2021, 12:55:56 WIB Dunia Islam
Jokowi: Sikap Tertutup Beragama Picu Intoleransi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sikap tertutup dalam menjalankan ajaran agama dapat memicu intoleransi. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat menjauhi eksklusifitas dalam beragama.

Hal tersebut Jokowi sampaikan ketika membuka Musyawarah Nasional IX Lembaga Dakwah Indonesia (LDI) yang disiarkan langsung di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (7/4).

"Sikap tertutup akan memicu dan meningkatkan intoleransi, akan merusak sendi-sendi kebangsaan kita. Praktek-praktek keagamaan yang eksklusif, yang tertutup harus kita hindari," kata Jokowi.

Baca Lainnya :

Jokowi mengatakan masyarakat memiliki warisan bhineka tunggal ika, di mana setiap masyarakat harus saling menghormati meskipun memiliki suku, ras, agama, hingga pandangan keagamaan yang berbeda.

Mantan wali kota Solo itu menyebut masyarakat tak bisa mengedepankan ajaran agama yang eksklusif dan tertutup. Menurutnya, ajaran seperti itu dapat memicu penolakan dan pertentangan di kalangan masyarakat.

Jokowi meminta LDI menyuarakan dan meningkatkan toleransi dalam kehidupan sosial beragama, serta mendorong sikap terbuka terhadap perbedaan ketika berdakwah.

Ia menegaskan pemerintah berkomitmen untuk mendorong moderasi beragama. Mantan gubernur DKI Jakarta itu tak ingin sikap intoleran, hingga kekerasan verbal maupun fisik terjadi lagi di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.748.230
    Sembuh : 1.612.239
    Meninggal : 48.477
    Dirawat : 87.514

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok