Jokowi Minta RI Tak Jadi Korban Raksasa Internet Dunia

26 Feb 2021, 14:00:33 WIB Teknologi
Jokowi Minta RI Tak Jadi Korban Raksasa Internet Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Indonesia tidak menjadi korban praktik tidak adil dari raksasa internet dunia.

Namun, ia pun tak ingin menerapkan proteksionisme yang dinilai bakal merugikan. Sebab, menurutnya tranformasi digital harus menjadi solusi yang menguntungkan semua pihak.

"Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme, bukan. Karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan. Tetapi, kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices (praktek tak adil) dari raksasa digital dunia," ujarnya dalam acara peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

Baca Lainnya :

Sehingga, ia berharap program Konektivitas 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi baru, pola pikir baru, kesempatan bisnis global baru, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia maju.

"Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar, " Ujar Jokowi. 

Politisi PDIP itu mengaskan kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital di Indonesia. Misalnya, transformasi mendorong pemakaian produk dalam negeri, serta mendorong penguasaan teknologi mutakhir oleh semua anak bangsa.

Jokowi menambahkan konektivitas digital harus tetap berpegang teguh pada kedaulatan bangsa di tengah globalisasi dan persaingan global.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.739.750
    Sembuh : 1.600.857
    Meninggal : 48.093
    Dirawat : 90.800

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
kanan - Ied Mubarok