Jokowi Kejar Aset BLBI Ratusan Triliun, Emang Bisa?

12 Apr 2021, 19:23:31 WIB Ekonomi
Jokowi Kejar Aset BLBI Ratusan Triliun, Emang Bisa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membentuk satuan tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk mengejar utang perdata yang jumlahnya lebih dari Rp 108 triliun.

Pertanyaannya saat ini, kepada siapa pemerintah akan menagih utang tersebut, dan apakah bisa?

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menekankan Sagas BLBI tersebut, seharusnya bisa menjelaskan terlebih dahulu kepada masyarakat secara rinci, mana saja yang menjadi utang.

Baca Lainnya :

"Ada dana talangan dalam bentuk BLBI. Itu yang kemudian menjadi utangnya bank. Bank kemudian menutupnya dengan memberikan collateral, jaminan berbagai kredit. Itu yang seharusnya diperhitungkan, berapa bantuan likuiditasnya, berapa utanganya."

"Berapa yang sudah ditutup dengan semua collateral dari jaminan kreditnya, berapa yang tersisa dan kemudian menjadi utang. Berapa yang kemudian dicicil, berapa yang kemudian dilunasi. Itu dijelaskan berapa," jelas Piter kepada CNBC Indonesia, Senin (12/4/2021).

Sehingga tugas Satgas BLBI seharusnya tidak hanya sekedar menagih. Tapi harus menjelaskan kepada masyarakat seperti apa kasus BLBI sebenarnya.

"Transparansi penyelesaian kasus itu yang seharusnya ditingkatkan. Kasus ini dituntaskan agar supaya tidak ada lagi kesalahpahaman," kata Piter melanjutkan.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.703.632
    Sembuh : 1.558.423
    Meninggal : 46.663
    Dirawat : 98.546

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf