Ini Alasan Laptop Keluaran Terbaru Tak Memiliki DVD Drive

01 Jul 2021, 07:44:55 WIB Teknologi
Ini Alasan Laptop Keluaran Terbaru Tak Memiliki DVD Drive

Apa yang kalian pertimbangkan sebelum membeli laptop? Biasanya, kebanyakan orang akan fokus pada fitur-fitur seperti ukuran hard disk, RAM, ukuran layar, fitur layar sentuh dan lain sebagainya. Namun, sadarkah kamu kalau laptop-laptop keluaran terbaru umumnya tidak dibekali dengan DVD drive? 

Lantas, apa sih alasan produsen laptop menghilangkan fitur DVD drive? Dan apa sebenarnya kegunaan DVD drive ini? Let's find the answer here!

1. Mari mengenal dahulu apa itu DVD drive

Baca Lainnya :

Apa itu DVD drive? DVD drive ialah drive yang menggunakan laser untuk membaca informasi dari disk optik seperti CD, DVD dan Blu-ray disk. Disk akan berputar cepat ketika dimasukkan ke drive dan sinar laser akan membaca informasi dari disk tersebut. DVD drive tidak hanya ditanamkan di laptop, tetapi TV, pemutar DVD di mobil dan lainnya.

For your information, teknologi perekaman optik ditemukan oleh David Paul Gregg dan James Russell di tahun 1963 dan dipatenkan pada tahun 1968. Lalu, teknologi ini dipasarkan pertama kali pada Desember 1978. Selanjutnya, di tahun 1987 video CD ditemukan dan menjadi sangat booming setelahnya.

2. Berbeda disk, berbeda pula panjang gelombang yang dibutuhkan

Tahukah kamu kalau drive disk optik menggunakan laser untuk membaca dan menulis data? Berbeda jenis disk, berbeda pula panjang gelombang yang dibutuhkan. Drive optik yang bekerja dengan banyak tipe disk mengandung banyak laser, ungkap laman Study.com memberi penjelasan.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc