Indonesia Turun Kelas, Ini Klasifikasi Ekonomi Negara menurut Bank Dunia

10 Jul 2021, 12:44:07 WIB Ekonomi
Indonesia Turun Kelas, Ini Klasifikasi Ekonomi Negara menurut Bank Dunia

Pendapatan nasional bruto atau GNI per kapita Indonesia mengalami penurunan dari 4.050 dolar AS pada 2019 menjadi 3.870 dolar AS pada 2020. Penurunan tersebut menyebabkan kelas perekonomian Indonesia di tingkat dunia anjlok dari upper middle income country atau negara berpendapatan menengah atas jadi lower middle income country atau negara berpendapatan menengah bawah.

Bank Dunia mengklasifikasikan ekonomi dunia ke dalam empat kelompok pendapatan, yaitu tinggi, menengah atas, menengah bawah, dan rendah. Klasifikasi yang diperbarui tiap tahun per 1 Juli tersebut dikategorikan berdasarkan Pendapatan Nasional Bruto (GNI) per kapita dalam dolar AS dan dihitung menggunakan metode Atlas Bank Dunia.

Merujuk dari blogs.worldbank.org, klasifikasi ekonomi negara ditentukan oleh dua faktor, yaitu GNI per kapita suatu negara, yang dapat berubah dengan pertumbuhan ekonomi, inflasi, nilai tukar, dan populasi. Serta faktor ambang klasifikasi, yang disesuaikan dengan inflasi setiap tahun menggunakan deflator SDR.

Baca Lainnya :

Dilansir dari datatopics.worldbank.org, pengelompokan ekonomi dunia pertama kali diperkenalkan pada 1978. Pengelompokan pendapatan rendah dan pendapatan menengah ini menggunakan ambang batas antar kelompok sebesar 250 dolar AS per kapita.

Kemudian pada 1983, kelompok berpenghasilan menengah dibagi menjadi kelompok menengah bawah (lower middle income country ) dan menengah atas (upper middle income country). Sementara pengelompokan negara berpenghasilan tinggi baru diperkenalkan pada 1989, dan sejak saat itu, ambang batas untuk membedakan kelompok pendapatan ekonomi negara-negara dunia telah disesuaikan dengan harga dari masa ke masa.

Merujuk pada laman datahelpdesk.worldbank.org, untuk tahun fiskal 2022 saat ini, ekonomi berpenghasilan rendah didefinisikan sebagai negara dengan GNI per kapita, dihitung menggunakan metode Atlas Bank Dunia, sebesar 1.045 dolar AS atau kurang pada tahun 2020.

Adapun kategori ekonomi berpenghasilan menengah ke bawah adalah negara yang memiliki GNI per kapita antara 1.046 dolar AS dan 4.095 dolar AS. Indonesia yang sempat naik kelas tahun 2019 lalu, terpaksa turun kelas lagi karena GNI per kapitanya tidak mencapai 4 ribu dolar AS.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc