Indonesia Bukan Kelinci Percobaan Vaksin China

28 Jul 2020, 07:45:23 WIB Kesehatan
Indonesia Bukan Kelinci Percobaan Vaksin China

Belakangan seorang ahli biologi molekuler, Ahmad Utomo mengunggah sebuah video di media sosial yang kemudian viral. Video itu berisi argumentasi-argumentasinya untuk menjawab dugaan konspirasi terkait vaksin Covid-19 Sinovac produksi China yang kini diuji klinis di Indonesia.

Sebagai peneliti dan konsultan independen yang tidak terkait dengan produsen vaksin mana pun sesuai pengakuan disclaimer-nya, Ahmad menilai, vaksin Sinovac tepat untuk diuji klinis di Indonesia. Dan dia pun yakin, Indonesia bukanlah 'kelinci percobaan' China merujuk pada tuntutan standar transparansi tinggi jika suatu farmasi ingin memproduksi vaksin.

"Prosedur pengadaan vaksin sekarang memang harus transparan. Untuk bohong itu sekarang sulit,’’ ujar Ahmad kepada Republika, Senin (27/7).

Baca Lainnya :

Khusus vaksin Sinovac, Ahmad mengetahui bahwa tahap uji klinis pertama dan kedua di China telah dipublikasikan di Sains Magazine. Sehingga menurutnya, reputasi dari vaksin itu disebut telah aman untuk uji tahap terakhir terhadap lebih banyak spesimen.

Ketika ditanya kecocokan spesimen China dan Indonesia, dia menyebut tak ada perbedaan. Bahkan, menurutnya, para ahli di dunia sepakat tidak ada mutasi dari virus SARS-Cov2 yang kentara.

"Di tahap pertama dan kedua uji klinis, mereka mencari sisi keamanan dan sisi dosis yang pas," katanya.

Adapun soal pemilihan Indonesia menjadi salah satu negara untuk uji klinis tahap tiga, menurut Ahmad, lantaran penularan kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Sebagai hot zone, Indonesia cocok sebagai lokasi uji klinis terkahir penentu apakah vaksin ini kemudian bisa diproduksi secara massal.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 121.226 kasus, Meninggal: 5.593, Sembuh : 77.557

    🕔08 Agu 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG