Indonesia Berharap Joe Biden Positif untuk Palestina

21 Jan 2021, 14:41:13 WIB Metropolitan
Indonesia Berharap Joe Biden Positif untuk Palestina

Indonesia menyampaikan selamat atas dilantiknya Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, Kamis (21/1). Indonesia memiliki sejumlah harapan untuk pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Biden termasuk soal Palestina.

"Selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Amerika Kamala Harris yang baru," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1).

Presiden Joko Widodo juga telah mengucapkan selamat kepada Presiden ke-46 AS terpilih dan wakilnya, Harris melalui akun resmi Twitter Presiden RI. Dengan adanya pemerintahan baru AS, sebagaimana negara lain di dunia, Indonesia memiliki harapan besar.

Baca Lainnya :

Harapan kemudian semakin besar saat dunia menghadapi gejolak untuk menata perdamaian dan stabilitas dunia di tengah menajamnya rivalitas di antara negara-negara besar. Indonesia dalam hal ini mengharapkan komitmen AS terhadap pemeliharaan perdamaian termasuk soal isu Palestina.

"Indonesia mengharapkan kontribusi positif Amerika terhadap penyelesaian isu Palestina-Israel yang berkeadilan sesuai dengan berbagai resolusi PBB maupun parameter internasional yang disepakati," ujar Menlu Retno.

Secara tegas Indonesia merujuk pada solusi dua negara pada konflik Palestina dan Israel. Di tengah semakin rentannya perdamaian dan stabilitas dunia, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih aman, damai, dan stabil.

Sebelumnya, Palestina mengalami banyak kemunduran di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump dan telah mengeluh tentang posisinya yang pro-Israel. Pengakuan Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota bersatu Israel dan pemindahan Kedutaan Besar AS ke kota itu bertentangan dengan hukum internasional.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.329.074
    Sembuh : 1.136.054
    Meninggal : 35.981
    Dirawat : 157.039

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook