Sejumlah Kepala Daerah akan Kosong Jabatan, Ini Kata DPR

13 Apr 2020, 08:20:24 WIB Politik
Sejumlah Kepala Daerah akan Kosong Jabatan, Ini Kata DPR

Komisi II DPR belum melakukan pembahasan terkait mekanisme pengisian jabatan kepala daerah lewat pelaksana tugas (plt). Sebab, DPR dan pemerintah baru menyepakati penundaan pilkada, tetapi belum menyepakati sampai kapan penundaan pilkada serentak itu dilakukan.

"Rata-rata akhir masa jabatan Kepala daerah yang pilkada 2020 pada bulan Februari 2021, kesepakatan antara DPR (komisi 2), pemerintah (mendagri) dan KPU, Bawaslu dan DKPP baru pada tahap penundaan, belum disepakati soal waktu," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa kepada Republika, Ahad (12/4).

Selanjutnya, DPR akan menggelar rapat kerja dengan Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) dan KPU untuk mendengar penjelasan KPU terkait simulasi teknis dan opsi-opsi waktunya. Politikus Partai Nasdem itu mengatakan opsi-opsi tersebut tentu dengan mencermati perkembangan pandemi covid-19.

Baca Lainnya :

"Tentu juga berpengaruh terhadap antisipasi utk pengisian jabatan kepala daerah lewat plt," ujarnya.

Saan berharap rapat kerja bisa digelar pada pekan ini. Saat ini, DPR dan Kemendagri tengah menyamakan waktu agar rapat kerja tersebut bisa digelar.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus menjelaskan terkait pengisian kekosongan oleh plt masih tergantung dari kesepakatan waktu penundaan yang diambil antara DPR dan pemerintah. Jika pemungutan suara pilkada serentak disepakati digelar pada Desember 2020 maka tidak perlu ada pelaksana tugas.

"Kalau pelaksanaan itu sebelum bulan Februari, apakah di bulan Desember berarti kan tidak ada kekosongan. Artinya pejabat bupati wali kota dan gubernur yang sedang melaksanakan tugas itu tidak perlu di plt kan," tuturnya kepada Republika, Ahad (12/4).

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 52.812 kasus, Meninggal: 2.720, Sembuh : 21.909

    🕔28 Jun 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG