Jaringan 5G Dianggap Sebarkan Virus Corona, Ini Kata Ilmuwan

08 Apr 2020, 15:03:18 WIB Teknologi
Jaringan 5G Dianggap Sebarkan Virus Corona, Ini Kata Ilmuwan

Teori konspirasi yang menyatakan teknologi jaringan telepon genggam generasi kelima atau 5G membantu penyebaran virus corona dikecam oleh para ilmuwan.

Video yang tersebar di media sosial memperlihatkan menara-menara telepon genggam yang dibakar di Birmingham dan Merseyside, Inggris, diyakini akibat rumor tersebut.

Unggahan bahwa "ada kaitan antara 5G dan wabah virus corona" tersebar di Facebook, YouTube dan Instagram, termasuk oleh akun yang telah terverifikasi dan punya ratusan ribu pengikut.

Baca Lainnya :

Tetapi para ilmuwan mengatakan pandangan bahwa terdapat kaitan antara Covid-19 dengan 5G adalah "sama sekali omong-kosong dan secara biologis tidak mungkin terjadi.

Teori konspirasi ini dinyatakan sebagai "jenis berita palsu atau hoaks yang paling buruk oleh Direktur Kedokteran NHS (Layanan Kesehatan Nasional) England, Stephen Powis.

Teori konspirasi

Banyak orang yang menyebarkan rumor di media sosial tersebut mendukung teori konspirasi yang menyatakan teknologi 5G yang digunakan jaringan telepon genggam dan bergantung pada gelombang radio menyebabkan virus corona.

Teori ini sepertinya pertama kali muncul lewat unggahan di Facebook pada akhir bulan Januari, kurang lebih saat kasus-kasus pertama tercatat di AS.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 64.958 kasus, Meninggal: 3.241, Sembuh : 29.919

    🕔07 Jul 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG