Gugus Tugas Covid 19: Masker Kain Efektif Menangkal Corona

05 Apr 2020, 17:03:40 WIB Kesehatan
Gugus Tugas Covid 19: Masker Kain Efektif Menangkal Corona

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat yang sehat dapat menggunakan masker kain untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Menurut dia, masker kain cukup efektif dalam menangkal corona.

"Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Minggu (5/4/2020).

Karena hanya mampu menangkal virus Covid 19 hingga 70 persen, Wiku meminta agar masyarakat tetap melakukan physical distancing atau jaga jarak antar manusia. Selain itu, masyarakat juga diingatkan agar tak meninggalkan rumah apabila tak perlu.

Baca Lainnya :

"Masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga jarak saat di keramaian minimal 1 sampai 2 meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah," jelasnya.

Menurut dia, masker kain dapat dibuat mandiri dengan cara dijahit manual atau menggunakan mesin jahit. Yang terpenting, masker tersebut harus menutupi hidung hingga dagu.

Wiku mengingatkan, agar masker kain dicuci secara rutin dengan menggunakan sabun. Untuk itu, dia menyarankan agar masyarakat mempunyai lebih dari 1 masker.

"Masker kain sebaiknya diganti dicuci dengan sabun secara rutin. Yang harus diganti apabila mulai basah dan dicuci secara rutin. Jadi mungkin kita bisa memiliki beberapa masker kain," tutur Wiku.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 64.958 kasus, Meninggal: 3.241, Sembuh : 29.919

    🕔07 Jul 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG