Cerita Kota di Spanyol Sukses Lakukan Lockdown, Tak Ada Warga Terinfeksi Virus Corona

05 Apr 2020, 10:38:52 WIB Internasional
Cerita Kota di Spanyol Sukses Lakukan Lockdown, Tak Ada Warga Terinfeksi Virus Corona

Dengan 11.744 kematian hingga hari Sabtu (4/4), Spanyol berada di urutan kedua setelah Italia, menjadi negara dengan korban terbanyak akibat Covid-19. Jumlah infeksi terus berlipat dengan total 124.736.

Di tengah kekhawatiran wabah virus corona yang terus memakan korban, ada cerita sebuah kota kecil di kawasan Andalusia yang sukses melakukan lockdown. Hingga kini, belum ada satupun warga kota Zahara de la Sierra yang terjangkit penyakit itu.

Sebuah langkah cepat dan drastis dilakukan Wali kota, Santiago Galvan yang berusia 40 tahun. Dia memutuskan langsung menutup akses lima pintu masuk ke kota itu pada 14 Maret lalu ketika pemerintah Spanyol menyatakan keadaan bahaya mulai berlaku. Satu dari lima pintu masih bisa diakses untuk keadaan darurat.

Baca Lainnya :

Setelah dua pekan lockdown dan jumlah infeksi di seluruh Spanyol telah mencapai seratus ribu lebih, di Zahara, tidak ada satu pun kasus Covid-19 yang tercatat di antara 1.400 penduduknya. Sementara kota dan desa di sekitarnya telah tercatat konfirmasi infeksi dan beberapa kematian akibat virus corona.

"Sudah lebih dari dua minggu, dan saya pikir itu pertanda baik," kata Galvan kepada CNN.

Langkah drastis sang wali kota memang mendapat dukungan penuh dari seluruh penduduk, terutama para warga senior. Hampir seperempat dari penduduk Zahara berusia lebih dari 65 tahun; ada lebih dari 30 orang yang tinggal di panti jompo.

Partisipasi Warga

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 64.958 kasus, Meninggal: 3.241, Sembuh : 29.919

    🕔07 Jul 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG