Impor Beras di Tengah Musim Panen, Gimana Pak Mendag?

07 Mar 2021, 08:29:42 WIB Ekonomi
Impor Beras di Tengah Musim Panen, Gimana Pak Mendag?

Pemerintah akan membuka keran impor beras sebanyak 1 juta ton. Sayangnya, impor beras ini di tengah musim panen. Apalagi Bulog diminta menyerap hasil panen padi agar petani lebih sejahtera.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan alasan pemerintah masih mengimpor beras ketika stok masih tinggi dan di tengah musim panen. Mendag mengatakan, beras impor tersebut bakal digunakan untuk menambah cadangan.

"Beras hasilnya tahun ini akan baik, tapi biar bagaimana pun pemerintah mesti punya cadangan atau yang disebut iron stock," kata Mendag.

Baca Lainnya :

Diakui Mendag, beras merupakan komoditas yang sensitif bagi masyarakat. Untuk itu pemerintah perlu menjaga ketersediaan barang dan stabilitas harga.

"Ketika barang ada meskipun tinggi, itu jauh lebih mudah, daripada harga tinggi dan barang tidak ada," terangnya.

Kementerian Pertanian berharap Perum Bulog bisa menyerap secara penuh hasil panen padi para petani mengingat ada potensi kenaikan produksi padi pada masa panen mendatang, agar bisa berdampak terhadap kesejahteraan petani.

“Kami berharap Bulog dan pasar domestik dapat menyerap secara penuh hasil petani. Kita harus bangga negara kita bisa menyiapkan sendiri stok pangan untuk negeri,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.583.182
    Sembuh : 1.431.892
    Meninggal : 42.906
    Dirawat : 108.384

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook