Hukum dan Syarat Patungan Kurban Sapi untuk Beberapa Orang

03 Jul 2022, 14:08:42 WIBDunia Islam
Hukum dan Syarat Patungan Kurban Sapi untuk Beberapa Orang

Menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha dengan cara patungan boleh-boleh saja. Namun ada sejumlah syarat yang perlu diketahui.

Dilansir detikEdu, di Indonesia Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Menyembelih hewan kurban secara patungan ini sudah menjadi hal yang lumrah.

Umat muslim yang berniat untuk berkurban biasanya sudah mulai menyiapkan budget untuk membeli hewan kurban. Ibadah kurban ini hukumnya sunah muakkad, yang artinya dianjurkan dikerjakan bagi umat muslim yang mampu.

Baca Lainnya :

Berdasarkan penjelasan yang dilansir dari NU online, berkurban tidak harus sendiri, tetapi juga boleh patungan. Terutama untuk kurban sapi. Kebanyakan masyarakat tidak mampu membelinya sendiri sehingga membelinya dengan cara patungan.

Apakah patungan kurban sapi diperbolehkan?

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan, mayoritas ulama memperbolehkan patungan kurban. Namun dengan syarat hewan yang dikurbankan adalah sapi dengan jumlah maksimal orang yang patungan ialah tujuh orang.

Patungan untuk kurban kambing berdasarkan syarat ini tidak diperbolehkan. Begitu juga dengan patungan sapi kurban yang dilakukan lebih dari 7 orang juga tidak diperbolehkan.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook