Hukum dan Cara Membayar Fidyah untuk Ganti Puasa

12 Mei 2021, 04:53:28 WIB Dunia Islam
Hukum dan Cara Membayar Fidyah untuk Ganti Puasa

Hukum dan Cara Membayar Fidyah untuk Ganti Puasa Foto: iStock

1 mud setara dengan 0,6 kg atau 3/4 liter beras untuk satu hari berpuasa. Kemudian total fidyah yang diberikan itu dihitung dengan cara mengalikan jumlah hari yang ditinggalkan dengan takaran 1 mud.

Namun, cara membayarnya tergantung masing-masing orang. Ada yang membayar sehari sekali, dan ada pula yang dibayar sekaligus sebulan di akhir Ramadhan. Yang terpenting adalah jumlah takaran makanannya tidak berkurang.

Lalu, bagaimana cara memberikan makanan tersebut? Ada cara, pertama memasak makanan lalu mengundang orang fakir miskin sejumlah hari puasa yang ditinggalkan. Cara ini pernah dilakukan oleh shahabat Anas bin Malik RA.

Hukum dan Cara Membayar Fidyah untuk Ganti Puasa Foto: iStock

Hal ini pernah diterangkan Hadist Riwayat HR. Ad-Daruquthni. Hadist tersebut telah dishahihkan sanadnya oleh Syeikh Al-Albani dalam kitab Irwa. Hadist tersebut berbunyi:

"Bahwa beliau tidak mampu berpuasa selama setahun lalu beliau membuat satu mampan besar bubur dan mengundang tiga puluh orang miskin dan mengenyangkan mereka," (HR. Ad-Daruquthni)

Cara kedua adalah dengan memberi orang yang tak mampu berupa bahan-bahan makanan mentah. Selain membayar pakai makanan, fidyah juga bisa dibayar menggunakan uang dengan ketentuan.[SB]

<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.206.253
    Sembuh : 4.020.801
    Meninggal : 141.381
    Dirawat : 44.071

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc