Heboh Kedubes RI Diserbu Myanmar, Menlu Bertemu Pejabat Junta

25 Feb 2021, 08:34:12 WIB Internasional
Heboh Kedubes RI Diserbu Myanmar, Menlu Bertemu Pejabat Junta

Pasca ditundanya perjalanan ke Kota Naypyidaw, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi akhirnya melakukan pertemuan dengan delegasi junta Myanmar di Bangkok, Thailand.

Pertemuan Retno dengan Menlu Myanmar U Wunna Maung Lwin, yang disaksikan oleh Menlu Thailand Don Pramudwinai pada Rabu (24/2/2021) tersebut membahas beberapa persoalan terkait kudeta yang dilakukan pihak militer di Burma.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan dia menyatakan keprihatinannya tentang keselamatan dan kesejahteraan warga Myanmar dan menegaskan kembali perlunya "proses transisi demokrasi yang inklusif" di sana.

Baca Lainnya :

"Kita meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan, untuk menghindari terjadinya korban dan pertumpahan darah," kata Retno alam konferensi pers digital pada Rabu (24/2/2021).

Retno juga menekankan bahwa Indonesia akan tetap berpedoman pada kesejahteraan dan keinginan rakyat Myanmar dalam memandang situasi politik di negara itu.

"Indonesia concern terhadap perkembangan situasi di Myanmar," ujarnya, "Oleh karena itu diperlukan sebuah kondisi yang kondusif berupa antara lain dialog, rekonsiliasi, trust building... Indonesia akan bersama rakyat Myanmar."

RI sendiri sedang menjalankan misi shuttle diplomacy selama dua minggu terakhir, membahas krisis Myanmar selama kunjungan ke Brunei dan Singapura serta panggilan telepon dengan mitra ASEAN lainnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.583.182
    Sembuh : 1.431.892
    Meninggal : 42.906
    Dirawat : 108.384

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook