Heboh Ganti LPG 3 Kg ke Kompor Listrik, Tagihan Jadi Bengkak?

19 Sep 2022, 11:37:13 WIBEkonomi
Heboh Ganti LPG 3 Kg ke Kompor Listrik, Tagihan Jadi Bengkak?

Pemerintah bersama dengan PT PLN (Persero) sedang giat melancarkan program peralihan penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kilogram (Kg) ke kompor listrik. Peralihan ini tentunya menjadi pertanyaan, apakah dengan menggunakan kompor listrik, tagihan listrik jadi naik?

PT PLN (Persero) memastikan bahwa penggunaan kompor listrik untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak akan membuat tagihan listrik menjadi bengkak.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, selain memberikan paket konversi berupa kompor dan utensil, perusahaan juga akan memasang mesin catat meter yang khusus mencatat penggunaan dari kompor listrik.

Baca Lainnya :

"Ada misinterpretasi kami menaikkan daya dan tarif pelanggan. Sesuai diagram ada instalasi lama yang gunakan MCB regular 450 VA ada 900 VA untuk kompor induksi (listrik) kami gunakan MCB jalur khusus artinya tidak tersambung dengan pola konsumsi listrik daya terpasang atau golongan lama," kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII, dikutip Senin (19/9/2022).

Sehingga menurut Darmawan masyarakat yang ingin menggunakan kompor induksi tidak perlu khawatir. Mengingat, para KPM yang menggunakan kompor induksi akan tetap berada di level daya 450 VA dan 900 VA sesuai dengan data penerima subsidi selama ini. "Tidak akan ada perubahan golongan atau dinaikkan dayanya karena program ini," kata dia.

Seperti diketahui, penggunaan kompor induksi dapat menekan impor LPG dan menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurut dia subsidi LPG 3 kg yang tidak tepat sasaran telah membebani keuangan negara lebih dari Rp 300 triliun sejak tahun 2017. Adapun, subsidi tersebut sangat berpotensi terus membengkak dari tahun ke tahun karena penambahan jumlah pengguna dan volume penggunaan LPG yang tidak dapat dikendalikan sesuai dengan target sasaran subsidi.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook