Hati-hati Google CS! Telegram, TikTok dan Tumblr Pernah Diblokir Kominfo

19 Jul 2022, 19:18:35 WIBTeknologi
Hati-hati Google CS! Telegram, TikTok dan Tumblr Pernah Diblokir Kominfo

Batas waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat terus mendekati akhir, yakni 20 Juli 2020. Terpantau, perusahaan teknologi raksasa, seperti Google, Facebook, WhatsApp, hingga Netflix belum mendaftar dan terancam diblokir.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan pemerintah menunggu sampai 20 Juli 2022, apabila lewat dari tanggal tersebut alias 21 Juli 2022, maka PSE yang beroperasi di Indonesia dan belum mendaftar otomatis berubah status menjadi ilegal.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat tersebut ditujukan, baik itu pemain lokal maupun asing. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan pemerintah tidak pilih kasih.

Baca Lainnya :

"Seluruh penyelenggara sistem elektronik privat, PSE, baik swasta murni maupun yang badan usaha milik negara harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan kita paling lambat tanggal 20 Juli ini sudah harus ya melakukan pendaftaran," tegas Menkominfo.

Perusahaan teknologi raksasa bahkan disebutkan belum mendaftarkan diri sebagai PSE ke Kominfo, seperti Google, Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, Netflix, PUBG Mobile, Apex Legends dan lainnya.

Sebelumnya, Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap PSE. Hanya saja kasus penutupan akses terhadap platform tersebut kebanyakan tersandung konten pornografi radikalisme maupun terorisme, tidak berkaitan dengan tidak mendaftar PSE.

Namun pemblokiran PSE yang sudah lalu ini bisa menjadi cerminan bahwa Kominfo bisa saja memblokira PSE yang tidak mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook