Hari Kartini, Buruh Perempuan Minta Omnibus Law Dihentikan

21 Apr 2020, 19:26:56 WIB Politik
Hari Kartini, Buruh Perempuan Minta Omnibus Law Dihentikan

Para buruh perempuan dari FBLP Jakarta, SP Medisafe Medan, SBTR Sulawesi Tenggara dan SPEMI Kerawang mengeluarkan surat pernyataan sikap dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April 2020. Dalam suratnya, para buruh menyampaikan sejumlah masalah yang dihadapi di tengah masa pandemi Corona.

"Kami buruh perempuan, yang juga merupakan generasi Kartini di era ini adalah bagian dari jutaan buruh perempuan yang kini menghadapi situasi darurat corona, menghadapi beban dan tekanan yang luar biasa," ujar Ketua Umum Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Jumisih dalam keterangan tertulis tersebut.

Masalah pertama, kata Jumisih, buruh perempuan tetap harus bekerja dalam ancaman tertular atau menularkan Covid-19. Cara kerjanya, kata dia, berdesakan dalam jumlah ratusan atau ribuan hanya dengan alat pelindung diri seadanya. Menurut Jumisih, situasi ini menjadikan posisi buruh perempuan sangat rentan.

Baca Lainnya :

Masalah kedua, kata Jumisih, buruh perempuan mengalami dilema karena harus bekerja di pabrik tapi juga harus menjadi pendamping atau guru bagi anak-anaknya yang mengikuti sekolah secara online di rumah.

"Ketiga, sebagian dari kami sudah dirumahkan tanpa diberi upah penuh dan di-PHK sepihak tanpa mendapatkan pesangon. Kinerja Pengawasan Ketenagakerjaan sangat lambat dan nyaris tidak perduli," kata dia.

Pemutusan kerja tersebut dinilai berdampak terhadap keberlangsungan hidup buruh perempuan dan keluarga. Di sisi lain, kata Jumisih, distribusi sembako pemerintah banyak tidak sampai ke tangan buruh perempuan dengan alasan mereka adalah pendatang.

Jumisih melanjutkan, masalah keempat berkaitan dengan ekonomi keluarga buruh perempuan yang merosot. Mereka disebut terancam di usir dari indekos karena tidak sanggup membayar sewa bulanan."Sementara oleh pemerintah kami dihimbau untuk tidak pulang kampung, tapi keberadaan kami di Jakarta tidak mendapat perlindungan yang baik," kata dia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 365.240
    Sembuh : 289.243
    Meninggal : 12.617
    Dirawat : 63.380

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV