Harga Bahan Pokok Naik Sehari Jelang Ramadan

23 Apr 2020, 17:34:07 WIB Ekonomi
Harga Bahan Pokok Naik Sehari Jelang Ramadan

Harga sejumlah kebutuhan pokok terpantau naik sehari jelang Ramadan.

Kalangan pedagang pasar mengemukakan bahwa kondisi ini merupakan hal yang normal dan menjadi sinyal bahwa permintaan masyarakat jelang Ramadan tetap tinggi meski di tengah pandemi corona.

"Ada permintaan yang meningkat beberapa hari jelang Ramadan dan ini ritme tahunan. Pasar pun dalam dua tiga hari ini ada peningkatan kunjungan ke pasar," ujar Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri kepada Bisnis, Kamis (23/4/2020).

Baca Lainnya :

Mansuri mengaku sempat pesimistis dengan daya beli masyarakat akan kebutuhan pokok jelang Ramadan melihat masih diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah kota besar. Kendati demikian, kondisi sebaliknya justru terjadi meski tingkat kunjungan disebutnya tak setinggi dua tahun belakangan.

Dia menjelaskan pergerakan kenaikan harga selama Ramadan dan Idulfitri setidaknya terjadi tiga kali. Pertama pada beberapa hari jelang Ramadan, kedua kala pekan terakhir Ramadan menjelang Idulfitri, dan kenaikan usai Idulfitri.

"Kalau kenaikan harga setelah Idulfitri lebih karena pasokan berkurang, pedagang juga tidak banyak karena libur," ujarnya.

Dia memperkirakan tren kenaikan harga tersebut berpotensi tetap terjadi tahun ini meskipun permintaan masyarakat banyak dipengaruhi oleh perekonomian yang terimbas Covid-19.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook