Habis Manis Sepah Dibuang, Kisah 2 Kasatgas yang Dicerai KPK

06 Jun 2021, 07:38:19 WIB Metropolitan
Habis Manis Sepah Dibuang, Kisah 2 Kasatgas yang Dicerai KPK

Kasatgas Penyelidik Iguh Sipurba dan Kasatgas Pembelajaran Internal Hotman Tambunan merupakan angkatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid pertama yang masuk daftar 75 pegawai tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ini adalah kisah 2 penggawa KPK yang tidak memenuhi syarat menjadi ASN KPK karena terjegal TWK

Keduanya terpanggil bergabung KPK karena terketuk melihat korupsi di Indonesia. Sebagai kasatgas di KPK, mereka tampil low profile dengan penampilan yang biasa-biasa saja tidak menarik perhatian.

Sebetulnya bukan perkara mudah menjadi pegawai KPK. Iguh dan Hotman keduanya gabung KPK melalui proses seleksi Indonesia Memanggil di tahun 2005.

Baca Lainnya :

"Saya adalah generasi Indonesia Memanggil Satu," ujar Hotman dalam program Sosok di detikcom.

Sebelum gabung dengan KPK, Hotman sudah bekerja di perusahaan swasta dengan gaji dan posisi yang tingi. Namun maraknya korupsi memanggil hati nurani Hotman yang jebolan teknik sipil ITB itu untuk bergabung dengan KPK.

"Saya sudah punya kegundahan pada situasi terkait dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN dulu) zaman Soeharto. Saya berpikir apa kira-kira yang boleh dilakukan dalam rangka untuk berkontribusi terhadap pembersihan KKN itu. Itu sebenarnya yang membuat masuk ke KPK," kata Hotman.

Lain dengan Hotman, Iguh sendiri merupakan Pegawai Negeri Sipil di Badan Pengawasn Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Waktu itu Iguh mendapat beasiswa pendidikan di UI dari instansinya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.976.172
    Sembuh : 1.786.143
    Meninggal : 54.291
    Dirawat : 135.738

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc