Garuda Indonesia Secara Teknis Bangkrut, Sahamnya Bakal Dilego Pemerintah?

10 Nov 2021, 08:32:49 WIB Ekonomi
Garuda Indonesia Secara Teknis Bangkrut, Sahamnya Bakal Dilego Pemerintah?

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia disebut sudah bangkrut secara teknis. Ini disampaikan oleh Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo kemarin, Selasa (9/11) di DPR RI, Jakarta. 

Tiko, sapaan akrabnya, menyebut neraca keuangan Garuda tak lagi sehat. Dengan kondisi Garuda di ambang bangkrut, ada opsi dilusi alias penurunan persentase kepemilikan saham pemerintah. Apakah saham negara akan dilego ke swasta?

Garuda Sudah Bangkrut Secara Teknis

Baca Lainnya :

Tiko mengatakan Garuda secara teknis sudah bangkrut melihat neraca keuangan perusahaan. Saat ini, negatif ekuitas Garuda mencapai USD 2,8 miliar atau setara Rp 40 triliun. Setiap bulan, negatif ekuitas bertambah USD 100 sampai Rp 150 juta atau setara Rp 1,5 hingga Rp 2 triliun.

"Garuda sudah technically bankrupt, sehingga dibutuhkan upaya restrukturisasi masif yang kemudian akan membutuhkan permodalan baru dari pemegang saham atau investor strategis," kata Tiko dalam rapat bersama Komisi VI DPR, Selasa (9/11).

Sementara utang Garuda saat ini tercatat sebesar USD 9,8 miliar. Bila dirinci, paling banyak merupakan utang kepada lessor yakni senilai USD 6,3 miliar. Dengan aset Garuda saat ini sebesar USD 6,9 miliar. Ini diperburuk pendapatan bulanan Garuda menyentuh titik terendah, yakni USD 20 juta.

Minta Restu untuk Lepas Saham Garuda

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.255.936
    Sembuh : 4.103.914
    Meninggal : 143.808
    Dirawat : 8.214

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY