Firli Bahuri Kembali Dilaporkan ke Dewas KPK Terkait Sewa Helikopter

11 Jun 2021, 14:36:50 WIB Hukum
Firli Bahuri Kembali Dilaporkan ke Dewas KPK Terkait Sewa Helikopter

Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Ini ialah laporan kedua terhadap Firli Bahuri terkait penyewaan helikopter.

Diketahui, pada September 2020, dewas telah menyatakan Firli bersalah melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku KPK. Sebagai hukuman, Dewas KPK menjatuhkan sanksi ringan berupa teguran tertulis II kepada Firli setelah terbukti menggunakan helikopter untuk perjalanan pribadi pada Juni 2020.

"Pada hari ini ICW melaporkan kembali Firli Bahuri atas dugaan kode etik. Adapun hal ini sebenarnya terkait sebenarnya dengan pelaporan pidana yang sudah kami sampaikan ke Bareskrim Polri. Namun kali ini bukan masalah pidananya namun masalah etik yang diatur dalam peraturan dewas nomor 2 tahun 2020 terutama pasal 4," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said kavling C1, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (11/6).

Baca Lainnya :

"(Pasal itu) mengatur bahwa setiap insan KPK, salah satunya pimpinan KPK, harus bertindak jujur dalam berperilaku dan juga ketika ada penerimaan sesuatu," sambungnya.

ICW sebelumnya melaporkan hal ini ke Bareskrim Polri. Laporan terkait dugaan gratifikasi karena diduga ada diskon yang diterima Firli saat menyewa helikopter itu.

Namun, laporan itu kemudian tak diterima Bareskrim. Sebab, Bareskrim menilai bahwa permasalahan helikopter sudah diusut Dewas KPK.

Kini, ICW melaporkan soal diskon sewa helikopter ke Dewas KPK. Kurnia menyebut laporan ini berbeda dengan perkara etik yang sebelumnya diputuskan Dewas.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.989.909
    Sembuh : 1.792.528
    Meninggal : 54.662
    Dirawat : 142.719

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc