Festival Ekonomi Syariah Tingkatkan Ekonomi Saat Pandemi

15 Sep 2020, 15:07:34 WIB Ekonomi
Festival Ekonomi Syariah Tingkatkan Ekonomi Saat Pandemi

Sumatera Barat menjadi tuan rumah Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2020 untuk tingkat Sumatera. Fesyar 2020 ini akan digelar pada 14-20 September 2020 ini. Fesyar kali ini terdiri dari empat kegiatan utama yakni, pembukaan yang telah dilaksanakan hari ini, syariah ekonomi forum, syariah fair dan tablig akbar.

"Fesyar merupakan salah satu usaha atau strategi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah situasi pandemi seperti sekarang," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, melalui siaran pers yang diterima Republika, Selasa (15/9).

Gubernur melihat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah Sumbar tidak lepas dari dukungan dan kolaborasi berbagai instansi dan lembaga, serta koordinasi antara pusat dan daerah.

Baca Lainnya :

Sumbar telah menetapkan beberapa sektor ekonomi syariah untuk menjadi prioritas untuk dikembangkan seperti kuliner dan pariwisata halal. Untuk mendukung hal itu, Sumbar telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pariwisata halal.

Pemprov Sumbar mengklaim Perda ini didukung masyarakat Sumbar dalam menunjang dan meningkatkan pariwisata halal dengan menerapkan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan wisata, baik terhadap makanan, kesediaan tempat ibadah, kebersihan dan penyelenggaraan traveller dengan tetap memperhatikan nilai-nilai Islam.

Dengan demikian wisata halal dapat dinikmati oleh semua wisatawan baik muslim maupun non muslim, karena penerapannya bersifat universal pada proses makanan halal yaitu sanitasi dan higienitas.

"Namun ditengah pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan, ini sangat berdampak sekali bagi pelaku usaha," ucap Irwan.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 282.724
    Sembuh : 210.437
    Meninggal : 10.601
    Dirawat : 61.686

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook