Erick Thohir Klaim BUMN Berhasil Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

08 Agu 2022, 14:11:04 WIBEkonomi
Erick Thohir Klaim BUMN Berhasil Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim perusahaan pelat merah berperan penting bagi perekonomian dan penciptaan lapangan kerja di dalam negeri.

Untuk ekonomi, ia bahkan mengklaim kontribusi yang diberikan BUMN mencapai sepertiga perekonomian Indonesia. Karena peran itu katanya, perekonomian Indonesia tetap masih berhasil tumbuh 5,44 persen pada kuartal II kemarin.

"BUMN yang sehat membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berbasis adil dan makmur. Masyarakat yang makmur mampu meningkatkan perekonomian Indonesia," kata Erick seperti dikutip dari Antara, Senin (8/8).

Baca Lainnya :

Sementara itu berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja, Erick mengklaim BUMN berhasil menciptakan jutaan lapangan kerja bagi masyarakat. Penciptaan pertama dihasilkan dari sejumlah proyek peremajaan atau RDMP Kilang Balikpapan, Kaltim.

Ia memperkirakan proyek itu sukses menyerap 19 ribu tenaga kerja. Jumlah itu belum termasuk proses hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) yang ia perkirakan menyerap 10 ribu tenaga kerja.

Kedua, dihasilkan oleh proyek smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jatim yang ia sebut mampu menyerap hingga 40 ribu tenaga kerja. Ketiga, pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) menyerap hingga 200 ribu tenaga kerja.

Keempat, pembangunan KEK Mandalika dengan InJourney selaku inti penyelenggaraan ajang internasional MotoGP. Ia mengklaim proyek itu mampu menyerap 4.500 tenaga kerja lokal dan juga telah memastikan masyarakat sekitar tidak hanya menjadi penonton, namun juga turut terlibat sejak pembangunan hingga penyelenggaraan ajang internasional MotoGP dan juga WSBK.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook