Eks Tim Mawar di Kemhan, Jokowi Dinilai Makin Lupa Reformasi

27 Sep 2020, 10:07:40 WIB Metropolitan
Eks Tim Mawar di Kemhan, Jokowi Dinilai Makin Lupa Reformasi

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai masuknya dua mantan anggota Tim Mawar Kopassus di Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto menunjukkan ketiadaan komitmen Presiden Joko Widodo dalam mengawal agenda reformasi.

Sebelumnya, Jokowi menandatangani Keputusan Presiden RI Nomor 166/TPA Tahun 2020 yang berisi pengangkatan dua eks anggota Tim Mawar, yakni Brigjen TNI Yulius Selvanus sebagai Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan, serta Brigjen TNI Dadang Hendrayudha sebagai Direktur Jenderal Potensi Pertahanan.

KontraS menilai pengangkatan mereka mendorong suburnya impunitas atau kondisi pembebasan/pengecualian tuntutan hukum kepada segelintir orang.

"Selain berpotensi untuk melemahkan makna penegakan hukum di Indonesia, lalu impunitas. Hal tersebut juga dapat mendorong terjadinya kembali pelanggaran HAM," kata Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (26/9).

Baca Lainnya :

Menurutnya, keputusan ini menguatkan keyakinan publik bahwa Pemerintahan Joko Widodo saat ini sedang keluar jalur dari agenda reformasi dan mengesampingkan prinsip-prinsip hak asasi manusia dalam setiap keputusan.

"Pemerintahan Joko Widodo semakin keluar jalur dari agenda reformasi dengan melupakan rekam jejak peristiwa di masa silam," imbuhnya.

Hal ini akan mempersulit upaya perbaikan hukum di Indonesia, sekaligus akan mempersulit proses penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu, termasuk soal penghilangan paksa seperti proses ratifikasi Konvensi Anti Penghilangan Paksa.

KontraS mendorong Jokowi segera mencabut Keppres pengangkatan kedua mantan anggota Tim Mawar itu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 406.945
    Sembuh : 334.295
    Meninggal : 13.782
    Dirawat : 58.868

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-kdi


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook