Dipuji Netizen India Rasa Bandara, Ini Sejarak RI Rombak Stasiun

06 Jun 2021, 18:28:52 WIB Metropolitan
Dipuji Netizen India Rasa Bandara, Ini Sejarak RI Rombak Stasiun

Stasiun Kereta Api Indonesia mendapat pujian dari netizen India karena dianggap bersih seperti bandara. Komentar itu muncul usai youtuber Volpe Where Are You saat mengulas pengalamannya naik kereta api luxury.

Memang, wajah kereta api Indonesia jauh berbeda dengan dulu. Bagi anak kereta atau biasa disebut anker lama tentu pernah merasakannya.

Dulu, stasiun kereta sangat kumuh. Banyak pedagang asongan hilir mudik sehingga para anker pun familiar dengan istilah cangcimen yang berarti kacang, kuaci, permen. Belum lagi saat perjalanan di kereta, penumpang berdesakan, banyak copet hingga yang paling ekstrim ialah penumpang naik di atas gerbong.

Baca Lainnya :

Kondisi itu terjadi sebelum tahun 2009. Wajah kereta api kala itu begitu buruk. Di bawah kepemimpinan Ignasius Jonan, KAI berbenah dan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Cerita perjuangan Jonan memperbaiki KAI itu kemudian dituangkan dalam buku berjudul KAI Recipe: Perjalanan Transformasi Kereta Api Indonesia.

"Setahun setelah era Pak Jonan, nilai laba-rugi perusahaan mulai biru. Dari yang sebelumnya minus menjadi plus. Bahkan keuntungan pada tahun 2014 mendekati Rp 1 triliun," kata Toto Pranoto dalam diskusi buku KAI Recipe: Perjalanan Transformasi Kereta Api Indonesia dalam catatan detikcom 10 Juni 2015 silam.

Toto merupakan salah satu dari 4 penulis buku KAI Recipe yang diterbitkan oleh Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LM FEB) UI. 3 Penulis lainnya adalah Nurdin Sobari, Ruslan Prijadi dan Thamrin PH Simanjuntak.

Jonan melakukan sejumlah terobosan untuk memperbaiki KAI. Jonan memulai langkah perbaikan KAI dengan meningkatkan gaji pegawai agar kinerja mereka semakin meningkat. Dengan konsekuensi, tak ada lagi yang melakukan pekerjaan 'sampingan' di KAI. Sehingga tidak ada kebocoran dana.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.976.172
    Sembuh : 1.786.143
    Meninggal : 54.291
    Dirawat : 135.738

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc