Dianggap Gagal dalam Proses Evakuasi Afghanistan, Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag Mengundurkan Diri

17 Sep 2021, 08:27:10 WIB Internasional
Dianggap Gagal dalam Proses Evakuasi Afghanistan, Menteri Luar Negeri Belanda Sigrid Kaag Mengundurkan Diri

Suasana politik Belanda semakin meruncing setelah kritikan dan kecaman terus diluncurkan terhadap Menteri Luar Negeri Sigrid Kaag dan Menteri Pertahanan Ank Bijleveld yang dianggap gagal dalam penanganan evakuasi warga di Kabul.

Kaag akhirnya memilih mengundurkan diri pada setelah menerima mosi tidak percaya dari sejumlah anggota Parlemen pada Kamis (16/9).

Kaag mengumumkan pengunduran dirinya setelah mosi disahkan oleh parlemen. Mosi tersebut sebenarnya menargetkan seluruh kabinet, tetapi menyebut menteri luar negeri secara eksplisit sebagai penanggung jawab utama atas kegagalan evakuasi.

Baca Lainnya :

Kecaman itu mendapat dukungan luas di parlemen, tidak hanya oleh oposisi, tetapi juga oleh beberapa anggota koalisi yang berkuasa. Meskipun tidak diwajibkan secara hukum untuk berhenti, menteri mengatakan itu adalah pilihan pribadinya.

"Kamar Anda telah memutuskan Kabinet bertindak tidak bertanggung jawab," kata Kaag, seperti dikutip dari NL Times, Jumat (17/9).

"Menteri harus pergi jika kebijakannya ditolak," lanjutnya.

Mosi kedua disahkan terhadap Menteri Pertahanan Ank Bijleveld. Dia belum menyatakan keinginan untuk segera mundur, melainkan tetap akan melanjutkan pekerjaannya terlepas dari kecaman DPR.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com