Dewan Keamanan PBB Didesak Beri Sanksi Setimpal untuk Myanmar

05 Mar 2021, 06:19:19 WIB Internasional
Dewan Keamanan PBB Didesak Beri Sanksi Setimpal untuk Myanmar

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) didesak untuk memperluas ganjaran sanksi bagi Myanmar, yakni bukan hanya berupa embargo senjata global melainkan juga hukuman di sektor ekonomi.

Seruan itu disampaikan Penyelidik HAM PBB, Thomas Andrews menyusul rencana pertemuan DK PBB dengan junta militer Myanmar pada Jumat. Andrews menilai perluasan sanksi layak dijatuhkan mengingat dugaan kekejaman junta militer Myanmar.

Ia mengungkapkan militer di negara itu telah membunuh, memukuli, menangkap para pengunjuk rasa secara tidak sah sejak kudeta 1 Februari lalu.

Baca Lainnya :

"Negara harus menjatuhkan sanksi ke perusahaan minyak dan gas Myanmar yang dikendalikan militer dan jadi sumber pendapatan terbesarnya," tulis Andrews dalam sebuah laporan ke Dewan HAM PBB di Jenewa seperti dikutip AFP.

Kekhawatiran atas penindasan brutal terhadap massa protes anti-kudeta Myanmar itu dituliskan Andrews selaku pelapor khusus PBB untuk situasi HAM di Myanmar. Dia juga menyerukan agar komunitas internasional segera bertindak tegas untuk mendukung rakyat di sana mengembalikan demokrasi.

"Taruhannya tidak bisa lebih lebih tinggi lagi," kata Andrews lagi dikutip dari Reuters.

Merujuk pada situasi di negara itu, terbuka kemungkinan penyelidikan atau tuntutan atas dugaan kejahatan serta kekejaman melalui Pengadilan Kriminal Internasional. "Termasuk di antaranya genosida, kejahatan peran dan kejahatan terhadap kemanusiaan," tulis laporan itu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.583.182
    Sembuh : 1.431.892
    Meninggal : 42.906
    Dirawat : 108.384

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook