Dampak Wabah PMK, Kabupaten Sleman Kekurangan Hewan Kurban

26 Jun 2022, 09:38:39 WIBDaerah
Dampak Wabah PMK, Kabupaten Sleman Kekurangan Hewan Kurban

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengakui mengalami kekurangan hewan ternak untuk keperluan kurban. Pada Iduladha tahun ini diperkirakan kebutuhan ternak untuk kurban mencapai 8.268 ekor, sementara saat ini hanya terdapat 4.260 ekor di Kabupaten Sleman atau kekurangan 4.008 ekor.

Kurangnya hewan ternak yang dibutuhkan untuk kurban ini merupakan dampak dari mewabahnya penyakit mulut dan kuku PMK. Wabah tersebut telah menyerang lebih dari 2.000 ekor hewan ternak di Sleman.

“Jadi kita sudah mengidentifikasi dan kita memang kekurangan hampir separuh dari hitung-hitungan kita. Seluruh Provinsi DIY juga hampir sama kekurangannya. Untuk tahun ini kebutuhan kita sampai 8.268 ekor, sementara ketersediaannya hanya 4.260 ekor, jadi kekurangan sekitar 4.008 ekor," ujar Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Pemkab Sleman, Suparmono, Sabtu (25/6/2022).

Baca Lainnya :

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, Suparmono mengaku telah menandatangani surat permintaan dari kalangan pedagang ternak di Sleman, agar dapat mendatangkan ternak dari luar daerah. Namun, ternak yang berasal dari luar daerah ini disyaratkan memiliki surat keterangan yang menyatakan hewan itu sehat.

"Sudah ada beberapa dari pedagang yang mendatangkan dari luar memohon izin ke kita. Saya sudah tandatangani tetapi agak lupa jumlah detailnya, belum saya rekap semua. Ada yang 150 ekor, ada yang 50 ekor dan seterusnya. Prinsipnya kekurangan itu kemudian diisi oleh beberapa pedagang, dan dia harus sesuai ketentuan ya, ketentuan kita, SKKH dan sebagainya. Harus sehat," tegas Suparmono.

Tak hanya itu, lalu lintas ternak yang akan masuk atau keluar dari wilayah Sleman juga diperiksa secara ketat termasuk di pos pemeriksaan lalu lintas ternak. Di pos ini, tak hanya sapi dan kambing atau domba saja yang diperiksa. Ternak lain yang berpotensi terkena penyakit mulut dan kuku termasuk babi juga diperiksa.

Di wilayah Sleman, wabah PMK telah menjangkiti setidaknya 2.000 ekor hewan ternak dengan berbagai derajat keparahan. Dari jumlah itu, 11 ekor di antaranya mati.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook