Cerdas Memilih Layanan Internet untuk Keluarga

02 Mar 2022, 05:53:08 WIBTeknologi
Cerdas Memilih Layanan Internet untuk Keluarga

Layanan Internet telah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Setiap insan muda membutuhkan layanan Internet berkualitas yang dapat diakses di mana dan kapan saja. Kebutuhan layanan Internet semakin hari semakin dirasakan, terutama ditengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai dengan saat ini, dimana masyarakat kembali beraktivitas dari rumah. Gaya hidup bekerja dari rumah (Work From Home), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), maupun melakukan kegiatan individu dengan berselancar di Internet dari rumah, semuanya membutuhkan layanan Internet berkualitas.

 

Ada dua jenis layanan Internet Pita Lebar (Broadband Internet), yakni Fixed Broadband dan Mobile Broadband. Penyedia atau Provider Fixed Broadband menghubungkan pengguna dengan Jaringan Broadband dengan menggunakan akses kabel (umumnya berupa fiber otik), sementara Provider Mobile Broadbandmenggunakan akses radio selular seperti teknologi 4G dan 5G, untuk menghubungkan gadget-nya ke Jaringan Internet. Fixed Broadbandmempunyai keunggulan dalam hal kecepatan Data yang lebih tinggi karena aksesnya bersifat tetap dan menggunakan media serat optik, sementara Mobile Broadbandmempunyai akses radio yang bersifat tidak tetap, namun memiliki keunggulan dalam hal jangkauan yang luas.

Baca Lainnya :

Provider Fixed Broadband umumnya menyediakan layanan Internet dengan kecepatan hingga Megabyte tertentu, misalnya 30 Mega Byte per second (Mbps) dengan kuota Data tanpa batas setiap bulannya (unlimited), sementara layanan Mobile Broadband menawarkan Data dengan kecepatan yang lebih rendah dan kuota Data yang terbatas (misalnya 16 Giga Byte per bulan).  Masyarakat dihadapkan kepada pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya, namun pada umumnya mereka berlangganan Fixed Broadbanddi rumah, apabila jaringan kabel serat optik tersedia di kawasan perumahannya.

 

Kompetisi layanan Fixed Broadband semakin ketat di Indonesia, seiring dengan bertambahnya jumlah Provider Fixed Broadband. Masing-masing Provider melakukan investasi dengan mengembangkan kapasitas jaringan serta memperluas jaringan serat optik ke kawasan perumahan, perkantoran, pusat bisnis dan perdagangan serta tempat berkumpul orang banyak.  Berbagai paket layanan ditawarkan, dengan kecepatan puluhan hingga ratusan Mbps, dengan biaya berlangganan yang bersaing. Para Provider menjanjikan kecepatan mengunduh (download)dan unggah (upload) yang menggiurkan, sehingga masyarakat tertarik berlangganan. Apakah janji tersebut dapat dipenuhi?

 

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook