Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam

13 Apr 2022, 19:10:23 WIBDunia Islam
Cara Membersihkan Hati dan Pikiran Menurut Islam

Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus, Rusnoto, SKM, M. Kes (Epid) membuka pengajian Ramadhan yang diikuti Pengurus Badan Pembina Harian, dosen dan tenaga kependidikan UMKU secara luring pada Selasa, 12 April 2022 bertempat di ruang serbaguna UMKU, yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama, shalat Isya’ dan tarawih berjamaah di Masjid Ar-Rabbani.

Hadir untuk menyampaikan materi pengajian dengan tema “Cara membersihkan Hati dan Pikiran dalam Islam”, Ketua Badan Pembina Harian UMKU, Drs. H. Sajad, M.Pd. Menurut Sajad yang juga Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kudus, dalam perspektif Islam, penyakit hati sering diidentikkan dengan beberapa sifat buruk atau tingkah laku tercela (al-akhlaq al-madzmumah).

Penyakit hati dibagi menjadi sembilan bagian, yaitu: pamer (riya’), marah (al-ghadhab), lalai dan lupa (al-ghaflah wan nisyah), was-was (al-was-wasah), frustrasi (al-ya’s), rakus (tama’), terperdaya (al-ghurur), sombong (al-ujub), dengki dan iri hati (al-hasd wal hiqd).

Baca Lainnya :

Menurut Imam Ibnu Qoyim, ada tujuh cara mengatasi penyakit hati yaitu:

Pertama, menjaga kekuatan mental. Ibnu Qoyim menjelaskan bahwa salah satu upaya yang harus dilakukan orang yang memiliki penyakit hati adalah menjaga kekuatan mentalnya, dengan ilmu yang bermanfaat dan melakukan berbagai ketaatan. Hatinya harus dipaksa untuk mendengarkan nasehat dan ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah, serta fisiknya dipaksa untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Karena ilmu dan amal merupakan nutrisi bagi hati manusia.

Kedua, menghindari hal-hal yang membuat penyakit lebih parah. Ibnu Qoyim menyatakan, orang yang sakit hati harus menghindari segala yang bisa memperparah penyakit dalam hatinya, yaitu dengan manjauhi semua perbuatan dosa dan maksiat. Hindarkan diri dari segala bentuk penyimpangan karena dosa dan maksiat adalah sumber penyakit bagi hati.

Ketiga, membaca Al-Qur’an dan tadabbur (merenungkannya). Ketika mulai merasa kesal dan sakit hati cobalah untuk membaca Al-Qur’an dan Tadabburi Qur’an agar mendapat ketenangan lahir dan batin.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook