Bukan Susu Beruang, Riset Terbaru Sebut Susu ASI Dapat Mengobati Covid-19

05 Jul 2021, 20:53:47 WIB Kesehatan
Bukan Susu Beruang, Riset Terbaru Sebut Susu ASI Dapat Mengobati Covid-19

Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan kabar bahwa susu beruang aktif mencegah dan mengobati Covid-19 yang semakin mengganas. Sementara klaim itu belum terbukti kebenarannya, penelitian terbaru justru menyebutkan bahwa ASI adalah 'senjata ampuh' untuk memerangi penyakit akibat virus corona tersebut.

Sejumlah penelitian tentang ASI memang telah dilakukan oleh para ilmuwan dalam jangka waktu cukup lama. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terbukti bahwa Air Susu Ibu memiliki kandungan unik dan luar biasa untuk memerangi segala bentuk ancaman penyakit. Berikut fakta-fakta mengenai ASI dapat mengobati Covid-29 yang Popmama.com rangkum untuk Mama.

Di awal pandemi, sebagian besar ahli kesehatan berpendapat bahwa menyusui akan meningkatkan risiko penularan Covid-19 dari ibu dan bayinya. Karenanya, sejumlah bayi di Wuhan terpaksa dipisahkan dari ibu yang terinfeksi virus tersebut dan hidup dengan meminum susu formula. Bahkan bayi yang menyusu pada ibu pengidap Covid-19 akan langsung dianggap sebagai suspect.

Baca Lainnya :

Namun setelah dilakukan pengujian lebih lanjut, ternyata hal tersebut sama sekali tidak terbukti. Walau awalnya menentang, akhirnya Centres for Disease Control (CDC) Amerika Serikat mengumumkan bahwa memberikan pemberian ASI dari ibu penderita Covid-19 sebaiknya diteruskan.

Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian World Health Organization [WHO], yang membuktikan bahwa Covid-19 tidak menular melalui ASI. Berdasarkan penelitian terhadap 46 ibu menyusui yang menderita penyakit tersebut, ditemukan fakta bahwa anak-anaknya tetap dalam kondisi negatif.

Sebagaimana dilansir dari biorxiv.org, sebuah riset telah dilakukan di China dan dipimpin oleh Profesor Tong Yigang dari Beijing University of Chemical Technology. Sejak tahun 2017, timnya telah mengumpulkan ASI dan menguji efektivitasnya dalam memerangi berbagai virus dan bakteri.

Mereka melakukan uji coba dengan mencampurkan ASI dengan sel sehat yang didapat dari berbagai organ anak muda dan hewan. Setelah dicuci, campuran tersebut kemudian dipaparkan pada virus. Ternyata hasilnya sangat mengejutkan. ASI dapat membunuh dan memblokir berbagai strain virus yang tumbuh di dalam organ makhluk hidup.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.195.958
    Sembuh : 4.002.706
    Meninggal : 140.805
    Dirawat : 52.447

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc