Bocah 14 Tahun Dapat Ratusan Juta Usai Temukan Terapi Corona

22 Okt 2020, 08:46:08 WIB Kesehatan
Bocah 14 Tahun Dapat Ratusan Juta Usai Temukan Terapi Corona

Seorang perempuan berusia 14 tahun bernama Anika Chebrolu berhasil menemukan terapi potensial untuk pasien yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 dan memenangkan uang ratusan juta.

Atas keberhasilannya itu, ia didaulat sebagai pemenang 3M Young Scientist Challenge tahun 2020 yang berhadiah US$25 ribu atau Rp366 juta (kurs Rp14.643).

Anika menggunakan metodologi in-silico untuk menemukan molekul yang secara selektif dapat mengikat protein spike virus SARS-CoV-2 dalam upaya menemukan obat untuk pandemi Covid-19.

Baca Lainnya :

Anika yang merupakan keturunan India-Amerika sebenarnya tidak menggunakan metode in-silico untuk menemukan terapi potensial untuk Covid-19. Kala itu, metode itu hanya digunakan untuk mengidentifikasi senyawa timbal yang dapat mengikat protein virus corona biasa.

"Karena pandemi Covid-19 sangat parah dan dampaknya yang drastis terhadap dunia dalam waktu yang begitu singkat, saya, dengan bantuan mentor saya, mengubah arah untuk menargetkan virus SARS-CoV-2," ujar Anika, seperti dikutip CNN.

Anika mengaku terinspirasi untuk menemukan obat potensial untuk virus setelah belajar tentang pandemi flu 1918 dan mencari tahu berapa banyak orang meninggal setiap tahun di Amerika Serikat meskipun vaksinasi tahunan dan obat anti-influenza tersedia di pasar.

"Anika memiliki pikiran yang ingin tahu dan menggunakan keingintahuannya untuk mengajukan pertanyaan tentang vaksin untuk Covid-19," kata  Cindy Moss, juri untuk 3M Young Scientist Challenge.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 516.753
    Sembuh : 433.649
    Meninggal : 16.352
    Dirawat : 66.752

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia