BMKG Ungkap Perdebatan soal Sumber Dentuman Misterius di Jakarta

14 Apr 2020, 15:31:26 WIB Teknologi
BMKG Ungkap Perdebatan soal Sumber Dentuman Misterius di Jakarta

Suara dentuman yang terdengar di Jakarta dan Bogor beberapa waktu lalu masih misterius sumbernya. Sejumlah pihak menyebutkan kemungkinan sumber dentuman itu tetapi dianggap masih lemah argumennya secara ilmiah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjadi salah satu yang meneliti sumber dentuman itu. Namun sampai saat ini BMKG belum menemukannya.

"Hingga saat ini belum ada satu pun pihak yang dapat mengungkap penyebab sumber bunyi dentuman tersebut disertai bukti-bukti ilmiahnya," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Selasa (14/4/2020).

Baca Lainnya :

Namun, menurut Daryono, ada 5 kemungkinan sumber dentuman itu. Meski disebutnya argumentasi atas kemungkinan sumber suara itu masih lemah secara ilmiah. Semisal analisis yang menyebutkan sumber dentuman karena gempa tektonik.

"Gempa tektonik memang dapat mengeluarkan bunyi ledakan jika magnitudonya cukup signifikan dengan hiposenter sangat dangkal. Suara ledakan yang timbul saat gempa biasanya hanya sekali saja saat terjadi deformasi batuan utama, tidak seperti dentuman yang beruntun terus-menerus seperti kemarin pagi," ujar Daryono.

Dia menyebut ada yang mengaitkan suara dentuman Sabtu dini hari itu seperti peristiwa dentuman gempa Bantul, Yogyakarta, pada 2006. Daryono menjelaskan, dalam beberapa kasus, gempa Bantul memang menyebabkan timbulnya suara dentuman, tetapi bunyi dentumannya tidak terus-menerus.

"Di mana satu gempa menghasilkan satu dentuman. Gempa Bantul dapat mengeluarkan bunyi karena sumbernya dangkal dan dekat zona karst yang bawah permukaannya berongga sehingga dapat menjadi sumber bunyi jika ada pukulan gelombang seismik," ucap Daryono.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Perang media India : umat Islam dipojokkan sebagai pembawa Virus Corona

    🕔03 Mei 2020
  • Positif Corona hingga hari ini : 20.796 kasus, Meninggal: 1.326, Sembuh : 5.057

    🕔23 Mei 2020

Berita Populer

kanan - Selamat Idul Fitri 1441 Hkanan - 100 Hari Jago Marketing, sambil Donasi Rumah Quran
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - Selamat Idul Fitri 1441 Hkanan - 100 Hari Jago Marketing, sambil Donasi Rumah Quran