Bertemu Pimpinan DPR, Perwakilan PA 212 Minta Inisiator RUU HIP Diproses Hukum

24 Jun 2020, 18:57:40 WIB Politik
Bertemu Pimpinan DPR, Perwakilan PA 212 Minta Inisiator RUU HIP Diproses Hukum

Sejumlah perwakilan massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan ormas-ormas lain bertemu dengan pimpinan DPR RI untuk menyampaikan penolakan RUU HIP yang merupakan RUU usulan DPR. Mereka bertemu dengan tiga Wakil Ketua DPR RI, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, dan Rachmat Gobel.

Salah satu perwakilan massa, Habib Hanif Alatas mengatakan, dalam pertemuan itu, disampaikan 8 poin. Kepada massa, Hanif hanya menyampaikan inti dari 8 poin itu.

"Tadi kita menyampaikan aspirasi 8 poin, yang mana kesimpulan dalam 8 poin itu kita minta RUU HIP disetop, tak ada istilah tunda-tunda. Satu kata, cabut, gugur, cor, masukkan ke laut jangan keluar lagi," ujar Hanif di atas mobil komando, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Baca Lainnya :

Selain meminta untuk menghentikan pembahasan RUU HIP, massa PA 212 meminta DPR mencari siapa pengusul RUU HIP. Hanif mengatakan pengusul RUU HIP itu harus dihukum.

"Kedua, nggak cukup hanya disetop, kita minta inisiator RUU HIP, khususnya pasal-pasal yang kontroversial yang mana mengandung makar terselubung, kita minta inisiatornya diproses hukum. Ternyata, kalau inisiatornya dari institusi partai, maka kita supaya partainya dibubarkan," katanya.

Selain itu, lanjut Hanif, pihaknya meminta MPR menggelar sidang istimewa apabila pemerintah tetap melanjutkan pembahasan RUU HIP. "Ketiga, andaikata pemerintah tetap membuka gerbang supaya RUU HIP dilanjutkan, maka kita minta kepada MPR untuk melakukan sidang istimewa untuk memakzulkan," katanya.

Dari hasil pertemuan itu, kata Hanif, DPR berjanji tidak melanjutkan pembahasan RUU HIP. Hanif mengatakan, berdasarkan penyampaian DPR, bola RUU HIP itu saat ini berada di pemerintah.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook