Berpuasa Perkuat Pengendalian Diri dan Toleransi

02 Mei 2021, 10:18:12 WIB Dunia Islam
Berpuasa Perkuat Pengendalian Diri dan Toleransi

Ramadhan adalah rahmat bagi semesta agar seluruh bumi dan seisinya bisa merasakan indahnya bulan suci ini.

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Al-Ittihadiyah, KH. Zulkifi mengatakan melalui berpuasa, umat diminta untuk mengendalikan diri sebagai seorang yang beriman. Begitu juga dalam konteks kehidupan bermasyarakat

“Bangsa kita ini adalah bangsa majemuk yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa, bahasa dan agama. Kuncinya agaimana kita bisa bersikap saling toleransi di antara sesama, baik sesama umat maupun dengan umat yang lain,” kata KH Zulkifi di Jakarta, Jumat 30 April 2021.

Baca Lainnya :

Menurut dia, toleransi itu juga ada di dalam peraturan agama. “Mari toleransi kita jaga sebaik-baiknya sehingga tidak menimbulkan letupan-letupan yang dapat menimbulkan gejolak antar sesama umat manusia dan umat agama lain di negeri ini,” sambungnya.

Melalui puasa, kata dia, umat juga bisa bersama-sama merasakan apa yang dirasakan orang-orang yang selama ini hidup dalam kondisi kekurangan. Oleh karena itu umat diperintahkan untuk memberikan bantuan, di antaranya dalam bentuk zakat.

Puasa, Alat Detoksifikasi Diri dari Berbagai Keburukan

Hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan perhatian sehingga mereka bisa memenuhi hak-haknya sebagai manusia. “Perhatian kepada orangnya dan juga pemahamannya tentang hidup bermasyarakat. Kalau dia hidup bermasyarakat dengan baik, dia tidak akan menimbulkan hal-hal yang di luar batas kemanusiaan, tidak menimbulkan hal-hal yang merusak,” kata Zulkifli.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.989.909
    Sembuh : 1.792.528
    Meninggal : 54.662
    Dirawat : 142.719

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc