Berharap Pemerintah Konsisten Tak Gunakan APBN untuk Proyek Kereta Cepat, Deddy Sitorus Minta Lakukan Audit Menyeluruh

11 Okt 2021, 16:34:59 WIB Ekonomi
Berharap Pemerintah Konsisten Tak Gunakan APBN untuk Proyek Kereta Cepat, Deddy Sitorus Minta Lakukan Audit Menyeluruh

Pembengkakan anggaran proyek kereta cepat membuat Presiden Joko Widodo meralat janjinya bahwa proyek yang sedang dilaksanakan pemerintah ini tidak akan menggunakan APBN. Dalam aturan lama, pendanaan proyek ini berasal dari sistem obligasi oleh konsorsium BUMN atau patungan.

Namun, dalam beleid yang telah direvisi, pemerintah membuka peluang agar proyek pembuatan kereta cepat Jakarta-Bandung ini bisa menggunakan dana APBN. Hal ini kontan menjadi polemik di kalangan masyarakat, lantaran pemerintah tidak konsisten dengan pernyataannya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus menyampaikan harapannya agar pemerintah konsisten tidak menyentuh duit negara untuk megaproyek ini dan juga penggunaannya perlu diawasi oleh beberapa instansi terkait.

Baca Lainnya :

"Kita berharap agar pemerintah konsisten dengan tidak menggunakan APBN untuk proyek ini. Harus ada audit menyeluruh terhadap proyek ini sebelum mengambil keputusan bahwa negara harus intervensi pembiayaan,” ucap Deddy kepada Kantor Berita Politik Bataranews.com, Senin (11/10).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menambahkan, pemerintah harus melakukan investigasi dengan melakukan audit menyeluruh. Untuk memeriksa, mengawasi, serta mengantisipasi terjadinya penyimpangan dalam rencana pembangunan proyek kereta cepat.

"Harus diperiksa dulu logika dan bussiness plan yang dipakai ketika proyek ini dibuat. Apakah ada penyimpangan dari perencanaan semula? Ataukah memang sejak awal tidak feasible tetapi dipaksakan secara tidak bertanggung jawab?” tandasnya. [SB]




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.239.396
    Sembuh : 4.081.417
    Meninggal : 143.176
    Dirawat : 14.803

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc