Belajar Keuangan dari Sahabat Nabi Salman Al Farisi

28 Nov 2021, 11:45:45 WIB Ekonomi
Belajar Keuangan dari Sahabat Nabi  Salman Al Farisi

Seorang muslim yang baik, sebaiknya segala macam aspek kehidupan yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam, tidak terkecuali cara mengatur keuangan. Islam telah menetapkan ajaran-ajaran bagaimana cara seseorang mengatur persoalan finansialnya dalam Al-quran dan hadist.

Cara mengatur keuangan sangat penting dan erat kaitannya dengan keberlangsungan hidup ke jangka panjang. Kita bisa saja kesulitan di masa mendatang apabila tidak mengatur keuangan dan menabung sejak dini. 

Dalam sebuah kisah Islam diceritakan ada seorang lelaki yang terancam finasialnya. Ia adalah Salman Alfarisi radhiallahu anhu, salah seorang sahabat nabi dari Persia. Ia dikenal dengan Formula 1-1-1 yang merupakan rumus mengatur keuangan.

Baca Lainnya :

Cerita tersebut berawal ketika beliau mengalami masalah finansial. Beliau tak bisa memberi makan keluarganya. Sepeser uang pun tak punya. Kemudian ia menghampiri Rasulullah untuk berkeluh dan bercerita tentang nasib malangnya.

Setelah mendengar keluhannya, Rasulullah kemudian bertanya apakah ia memiliki sesuatu yang bisa dijual. Kemudian ia memberikan kain yang bisa dijadikan selimut, dan juga gelas yang kemudian akan dijual.

Rasulullah pun kemudian melelang dua barang itu. “Saya mau membelinya satu dirham ya Rasulullah,” kata salah seorang sahabat.

“Adakah yang mau membelinya dua atau tiga dirham?”

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com