Bambang Tri Klaim Bukan Subjek Hukum Keputusan Sri Mulyani

23 Okt 2020, 11:12:05 WIB Metropolitan
Bambang Tri Klaim Bukan Subjek Hukum Keputusan Sri Mulyani

Putra Presiden kedua RI Soeharto, Bambang Trihatmodjo menilai keputusan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencegahnya keluar negeri terkait piutang Sea Games 1997 keliru karena pihaknya bukan subyek hukum.

Hal itu dikatakan dalam sidang perdana soal gugatan pencegahan ke luar negeri terkait SEA Games 1997 yan digelar di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Kamis (22/10).

Kuasa hukum Bambang, Hardjuno Wiwoho, mengatakan dalam sidang perdana tersebut pihaknya menyampaikan materi gugatan terhadap Sri Mulyani. Ia meminta majelis hakim membatalkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 108/KM.6/2020 tanggal 27 Mei 2020.

Baca Lainnya :

Hardujono menyatakan kliennya keberatan dengan keputusan Sri Mulyani yang menetapkan perpanjangan pencegahan bepergian ke luar negeri. Menurutnya, keputusan tersebut sangat prematur dan kebablasan lantaran dibuat tanpa memiliki dasar hukum yang kuat.

Ia mengklaim Bambang selaku Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara (KMP) Sea Games XIX Tahun 1997 bukan subjek hukum sehingga tak bisa diminta pertanggungjawaban. Ia menyebut subjek hukum dalam KMP ini adalah PT Tata Insani Mukti (TIM)

"Ini yang keliru dipahami. Konsorsium secara perdata bukan subjek hukum sehingga tidak bisa dimintai pertanggungjawabannya. Jadi, yang dimintai pertanggungjawabannya itu ya PT sebagai subjek hukumnya," kata Hardjuno kepada CNNIndonesia.com, Kamis (22/10).

Hardjuno mengatakan keputusan Kementerian Keuangan yang membebani tanggung jawab kepada kliennya sangat tidak adil. Menurutnya, putra Presiden ke-2 RI Soeharto tersebut sudah mengamanatkan penyelenggaraan SEA Games 1997 kepada ketua pelaksana harian, Bambang Riyadi Soegomo.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 543.975
    Sembuh : 454.879
    Meninggal : 17.081
    Dirawat : 72.015

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia