Bakamla Ungkap Dampak Terburuk di RI Jika AS-China Perang

27 Jun 2020, 15:28:03 WIB Internasional
Bakamla Ungkap Dampak Terburuk di RI Jika AS-China Perang

Hal ini bisa terjadi lantaran merasa kedaulatan negaranya terganggu. Bisa saja penduduk di Natuna yang merasa terisolir akan bergerak dan malah ikut terjun berperang.

"Dan tentu saja dampak lain yang berpotensi adalah krisis ekonomi karena terhentinya aktivitas ekonomi kelautan yang terkait langsung dengan Laut Cina Selatan," kata Aan.

Dampak Global

Bukan hanya Indonesia, Aan juga memaparkan dampak global secara luas yang akan terjadi jika perang terbuka antara China dan Amerika terjadi di Laut China Selatan.

Kata dia, kondisi konflik akan menciptakan sejumlah dinamika hubungan Internasional antara negara yang memang mengklaim memiliki sebagian kedaulatan di wilayah itu atau negara pengguna laut itu sendiri.

Tak hanya itu Aan mengatakan gangguan terhadap lalu lintas pelayaran juga akan terganggu apalagi wilayah Laut China Selatan adalah perairan strategis pelayaran baik komersil maupun niaga.

"Kemudian kontestasi di laut akan mendorong negara yang terlibat untuk meningkatkan kemampuan perangnya. Kemudian konflik antar negara pada umumnya mendorong nasionalisme sehingga berisiko terjadinya konflik horizontal antar manusia," katanya.

Intinya kata dia, dampak utama perang adalah dampak jangka panjang yang akan merugikan negara manapun.

"Bila terjadi peningkatan konflik sampai dengan perang, maka terdapat risiko hambatan bahkan terputusnya nilai perdagangan antar negara karena sulitnya kapal-kapal niaga di wilayah tersebut, dan ini tentunya akan ada dampak ke kita juga," kata dia.

[Sumber Berita]


<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 121.226 kasus, Meninggal: 5.593, Sembuh : 77.557

    🕔08 Agu 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG